Header AD

Menghabiskan Waktu Bersama Mereka dapat Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan


Upsky.asia - Jika kamu ingin memotong berat badan yang kamu miliki sudah semestinya menghabiskan waktu dengan orang-orang  yang memiliki niat yang sama halnya untuk menurunkan berat badan seperti kamu, menurut sebuah study dari Jurnal Obesitas. Tapi, akan lebih bagus lagi jika kamu bergabung dan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang lebih kurus/langsing.


Hal tersebutlah yang para peneliti temukan ketika bertanya kepada lebih dari 9.000 orang yang berumur 18 – 65 tahun mengenai kiat penurunan berat badan yang menyertai orang-orang terdekat mereka. Hasil dari pertanyaan tersebut bukan berarti mereka harus mengabaikan orang-orang yang biasanya bersama mereka—atau menjalin teman baru sesuai berat badan. Melainkan menemukan orang-orang baru yang dapat mendorong mereka untuk lebih nyaman dan percaya diri dalam program penuruan berat badan.


Study lebih mendalam yang dilakukan para peneliti adalah ketika mereka mendata siapa saja orang-orang terdekat yang biasanya mereka hubungi dan berinteraksi; secara langsung, via telfon, email, sms atau media sosial. Mereka juga mencatat bentuk fisik dari orang-orang tersebut. Peneliti juga mengikuti perkembengan sosial mereka dan perubahan tubuh selama setahun yang ternyata mempengaruhi berat badan mereka. 


Para peneliti menemukan mereka yang ingin menurunkan berat badan lebih sering menghabiskan waktu bersama dengan orang yang sama-sama dalam program tersebut—yang artinya memiliki berat badan berlebih dan hendak menurunkan berat badan, meskipun terdapat perubahan. Tetapi ketika beberapa partisipan lain yang ternyata menghabiskan waktu bersama orang-orang yang lebih kurus dari mereka, para peneliti menyadari suatu hal: mereka ternyata lebih berhasil menurunkan berat badan.


Ketika mereka berinteraksi kurang dari seratus kali dengan orang-orang yang lebih kurus/langsing, terjadi penurunan berat badan pada tubuh mereka. Namun jika mereka melakukannya lebih banyak dari jumlah tersebutseratus atau bahkan seribu interaksi—efeknya akan lebih terlihat dan sangat signifikan.


Menurut asisten profesor sosiologi dari Universitas Baylor di Waco, Texas, Matthew Andersson, PhD, “ini dapat dipengaruhi dari kebiasaan yang terjadi ketika mereka berinteraksi, mulai dari aktifitas, kebiasaan mengkonsumsi makanan, kebiasaan rekreasi atau mengisi waktu luang atau norma-norma dan ekspektasi yag akhirnya berujung menjadi kelakuan dari objek yang diteliti,” katanya. 


Dengan kata lain, akan lebih mudah bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan berkumpul dengan orang-orang yang telah memiliki berat badan seperti yang kamu inginkan. Nah, tunggu apalagi? :D
Menghabiskan Waktu Bersama Mereka dapat Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan Menghabiskan Waktu Bersama Mereka dapat Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan Reviewed by rjumaris on 11:22:00 AM Rating: 5

Post AD