Header AD

3 hal yang harus kamu lakukan di saat bersepada sambil mendengarkan musik.


Upsky.asia - Hampir semua orang bernyanyi dan memiliki lagu-lagu favorit mereka sendiri. Hampir semua orang sangat menikmati mendengarkan musik. Hampir semua orang melalui keseharian mereka dengan mendengarkan musik. 

Well, it is totally true kalo musik selalu menemani hampir disegala aktifitas dan kegiatan yang kita lalui, benar gak? Especially untuk kamu bikers yang sangat menikmati mendengarkan musik disaat bersepeda, harus banget tahu ini! 

Seperti dilansir Bicycling, sebuah penelitian menunjukkan kalau kamu mendengarkan lagu-lagu khusus, apalagi lagu favorit kamu. Itu akan sangat membantu dan dapat membuat saat-saat bersepeda kamu menjadi lebih menyenangkan, lebih bertenaga dan memicu bersepeda kamu lebih cepat seperti yang kamu inginkan. Musik terbukti secara ilmiah mampu mengurangi pengeluaran tenaga secara berlebih, bahkan mampu mendorong peningkatan energi dan meningkatkan ketahanan bersepeda kamu setidaknya sebanyak 15 persen. 

Salah satu peneliti yang mendunia dan banyak menelurkan hasil penelitiannya di dunia Musik dan Olahraga, Costas Karageorghis, PhD, dari Brunel Univeristy School of Sport and Educaion, London, mengatakan “Musik adalah obat-obatan yang legal yang dapat menjadi peningkatan-performa untuk para atilt”.

Dan bagaimanapun juga, kamu harus menempatkan diri untuk Jangan berhenti percaya” kalau nantinya akan ada mobil yang mencoba membunyikan klakson dari belakang kamu, pesepeda lain yang mencoba untuk mendahului, atau anjing yang menyalak yang juga mencoba untuk mengganggu konsentrasi bersepeda kamu. Karna, tetap aja sih, dengan musik, semua gangguan itu tidak akan terlalu berarti bagi kamu. Right?

But but but but! Ada beberapa aturan yang harus kamu lakukan agar bersepeda tetap aman meski sambil mendengarkan musik.


Gunakan satu sisi earbud/earphone.

Ketika bersepeda, jangan menggunakan kedua sisi earbud/earphone. Sebaiknya untuk melepaskan salah satu sisi agar satu telinga dapat menikmati musik ketika bersepeda dan satunya lagi dapat menjadi pengontrol keselamatan kamu. Atau membeli earbud yang hanya memiliki satu sisi saja. Yang nantinya dapat menerima tanda-tanda yang diberikan oleh mobil atau kendaraan lain di track bersepeda yang akan kamu lalui. 

Ikuti aturan 60/60

Mendengarkan musik, meskipun hanya dengan satu telinga, dapat mengganggu dan  bahkan merusak pendengaran kamu jika tidak mengikuti aturan mendengarkan musik yang benar. Disarankan agar mendengarkan musik ketika bersepeda dengan volume 60% dan sebaiknya mengistirahatkan telinga setelah mendengarkan musik selama 60 menit.

Jaga konsistensi Volume Musik

Terkadang, tidak sedikit dari kita yang mengubah-ubah tingkat suara musik yang kita dengarkan ketika bersepeda. Ketika jalanan yang padat yang mengharuskan kita berhati-hati terhadap sekeliling, mungkin volume yang tepat adalah tidak besar dan ketika jalanan sepi, kamu mencoba untuk memperbesar volume. Eits, ini adalah langkah yang sangat membahayakan! Selain gangguan yang tidak kamu bayangkan akan datang, ini juga merusak pendengaran kamu loh!

...
3 hal yang harus kamu lakukan di saat bersepada sambil mendengarkan musik. 3 hal yang harus kamu lakukan di saat bersepada sambil mendengarkan musik. Reviewed by rjumaris on 10:51:00 PM Rating: 5

Post AD